308 Ribu Mahasiswa Ikut Berbagai Program MBKM, Paling Populer PMM

 Plt Dirjen Diktiristek, Kemendikbudristek, Nizam. DOK YouTube SNPMB BPPP

Ilham Pratama Putra • 11 Oktober 2023 16:37

 Jakarta: Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek), Nizam, menyebut sebanyak 308 ribu mahasiswa ikut dalam berbagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Paling populer adalah program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).
 
"Dan lebih dari 600 ribu mahasiswa ikut MBKM yang dilaksanakan mandiri dari perguruan tinggi," kata Nizam dalam siaran YouTube Ditjen Diktiristek dikutip Rabu, 11 Oktober 2023.
 
Dia menyoroti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang menjadi salah satu program unggulan dalam MBKM. Lewat program ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk studi satu semester di luar kampusnya.

Dari situ, mahasiswa mendapatkan pengalaman studi yang berbeda dari kampus asalnya. Nizam meyakini PMM akan memberikan kesan mendalam.
 
"Selain belajar di kampus dan kelas yang berbeda, kalian akan mengikuti berbagai program pengembangan di luar kampus kalian sendiri. Dan itu akan memperkaya diri teman-teman mahasiswa," sebut Nizam.
 
Nizam menyebut PMM juga sebagai upaya tumbuhnya semangat kebinekaan. Sebab, berbagai mahasiswa dari sejumlah daerah akan bertemu di satu kampus.
 
"Dan PMM ini bentuk nyata upaya kita merajut kebinekaan, membangun persahabatan mahasiswa dari Sabang sampai Merauke," tutur dia.
        
Kuliah di kampus favorit dengan beasiswa full kini bukan lagi mimpi, karena ada 426 Beasiswa Full dari 21 Kampus yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Info lebih lanjut klik, osc.medcom.id
 
(REN)

Sumber : https://www.medcom.id/