6 Tips Jitu Lolos Wawancara Kerja

Ilustrasi wawancara kerja (Foto: Freepik)

Senin 14 Maret 2022 17:48 WIB

Tim Okezone, Okezone 

JAKARTA - Proses rekrutmen karyawan di sebuah perusahaan merupakan tantangan tersendiri bagi fresh graduate. Namun, ada cara untuk menghadapinya.

Dalam buku “Hiring by Attitude”, Mark Murphy (2016) mengemukakan, 11% kemampuan teknis atau skill menjadi faktor kegagalan dalam rekrutmen. Sisanya 89% kegagalan dalam rekutmen disebabkan aspek perilaku atau attitude.

Dalam webinar yang digelar Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie berkolaborasi dengan Generation Professional (GenPro), salah seorang pembicara Ananda Fortunisa mengungkapkan beberapa tips apa yang dicari seorang HRD dalam sebuah interview di tahap rekrutmen. Ananda juga seorang Dosen Matakuliah Komunikasi Bisnis, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie.

Berikut tipsnya:

1. Jujur

Pastikan jawaban yang Anda berikan adalah jawaban yang jujur. HRD akan tahu saat Anda menjawab pertanyaan apakah jawaban Anda jujur atau tidak dengan melihat lirikan mata Anda sebelum menjawab.

2. Sikap / Attitude

Tunjukkan sikap dan bahasa tubuh / body language Anda dengan baik seperti bagaimana Anda merespon pertanyaan, gerakan tubuh, komunikasi verbal/non-verbal bahkan eye contact pun akan memengaruhi penilaian HRD terhadap Anda.

Bahasa tubuh Anda saat wawancara akan mengindikasikan apakah Anda serius menjalani wawancara atau tidak.

Latih diri Anda melakukan wawancara melalui video call agar Anda terbiasa menempatkan level mata Anda sejajar dengan kamera, tidak lebih rendah maupun tinggi dari kamera.

3. Kemampuan

Tunjukkan kemampuan dan pengalaman Anda saat diinterview. Jangan bersikap rendah diri atau takut untuk menonjolkan diri Anda saat wawancara.

4. Kognitif

Adalah sebuah keterampilan berbasis otak yang diperlukan untuk melakukan tugas apapun dari yang sederhana hingga yang paling kompleks. Dalam tahap ini HRD mencari seseorang yang siap dan kompeten dalam melakukan tugasnya.

Untuk itu pastikan Anda mengetahui job description dari pekerjaan yang sedang dibuka. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu terkait job description dari sebuat pekerjaan yang ditawarkan.

5. Minat (Passion) & Sifat

Dalam proses interview, HRD mencari tahu lebih dalam tentang passion dan sifat dari para pelamar pekerjaan untuk mengetahui apakah mereka cocok atau tidak dengan budaya dari perusahaan yang mereka lamar. Tunjukkan minat Anda dengan memberikan gambaran apa saja yang telah Anda lakukan dalam mengembangkan minat Anda, kendala yang terjadi saat Anda menjalani minat Anda, dan bagaimana solusi yang Anda berikan. HRD dapat memahami sifat Anda dari paparan yang Anda berikan. Pastikan jawaban Anda jujur dan konsisten.

6. Motivasi & Prestasi

Mungkin ada beberapa orang memiliki skill yang kurang untuk memenuhi kriteria yang diminta, tapi kenapa bisa diterima? Padahal ada orang lain yang memiliki nilai lebih baik dibanding orang tersebut. “Bisa saja pengetahuan atau skill yang dimiliki orang tersebut tidak hebat. Tetapi, ia memiliki motivasi kerja yang tinggi. Dan jika HRD melihat hal tersebut bisa menarik simpatinya” kata Ananda yang sekaligus mengakhiri sesi webinar.

Webinar itu digelar melihat fenomena kendala saat rekrutmen karyawan di sebuah perusahaan bagi fresh graduate. Ditambah adanya persaingan yang cukup tinggi dalam mendapatkan pekerjaan terutama di era pandemi saat ini.

Webinar yang digelar tersebut berjudul judul “The Process Of Recruitment In A Professional Career” pada Sabtu, 12 Maret 2022. Webinar yang terbuka untuk umum ini memberikan pengetahuan dan tips sukses menghadapi proses rekrutmen di dunia professional bagi fresh graduate.

Kegiatan ini hadir sebagai bentuk kepedulian Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie dan GenPro untuk membekali fresh graduate memasuki dunia kerja.

(Ari)

Sumber : https://edukasi.okezone.com/