Catatan Anggota Komisi X DPR RI Buat Mendikbudristek Nadiem

Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah. DOK YouTube Komisi X DPR RI

25 Januari 2023 15:44

Ilham Pratama Putra

Jakarta: Komisi X DPR RI menyampaikan sejumlah catatan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Catatan ini berdasarkan hasil evaluasi jalannya program pendidikan 2022.
 
Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, menyebut catatan ini juga sebagai pengawal jalannya dunia pendidikan 2023. Kemendikbudristek diminta terus mengevaluasi satuan pendidikan dan dinas pendidikan.
 
"Supaya program prioritas Kemendikbudristek berjalan efektif dan maksimal, dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat," kata Ferdiansyah dalam Raker dengan Komisi X DPR RI secara daring dikutip Rabu, 25 Januari 2023.

Dia menuturkan evaluasi yang dibuat Kemendikbudristek harus memiliki kualifikasi jelas. Terutama, menyangkut dampak positif maupun negatif.
 
"Supaya kekurangan ataupun kunggulan dapat diperbaiki," ujar dia.
 
Selanjutnya, Ia juga mengkritisi platform digital oleh Kemendikbudristek. Ferdiansyah berpesan agar platform digital yang dibuat mesti berpedoman pada UU Perlindungan Data Pribadi dan UU Informasi Transaksi Elektronik.
 
"Kemendikbudristek harus mencari solusi bagi satuan pendidikan yang belum bisa mengakses platforom digital maupun pelaksanaan ANBK karena terkendala listrik dan internet," ujar politikus Golkar itu.
 

(REN)

Sumber : https://www.medcom.id